Feng Shui Rumah

Agustus 18, 2022
feng-shui-water-feature
hello world!

Feng Shui adalah praktik Tiongkok kuno yang menggunakan geomansi (studi tentang energi bumi) untuk menciptakan ruang hidup yang harmonis.

Teknik ini telah digunakan selama ribuan tahun untuk meningkatkan kualitas hidup di rumah, bisnis, dan masyarakat.

Untuk memahami bagaimana menggunakan Feng Shui untuk mempercantik rumah Anda, Anda harus terlebih dahulu pelajari apa itu feng shui dan cara kerjanya.

Ada dua aliran pemikiran utama ketika itu datang ke Feng Shui: sekolah tradisional dan sekolah modern.

Kaum tradisionalis percaya bahwa segala sesuatu di alam seimbang dengan kekuatan yang berlawanan, seperti Yin dan Yang.

Mereka percaya bahwa ada keseimbangan antara energi positif dan negatif dalam setiap objek dan ruang.

Praktisi modern percaya bahwa alam semesta terdiri dari lima elemen: api, air, kayu, logam, dan tanah.

Mereka percaya bahwa elemen-elemen ini berinteraksi satu sama lain dan mempengaruhi hidup kita.

Keduanya sebenarnya mengarah kepada tujuan yang sama, yaitu pengaturan energi semesta (Chi), sehingga kita dapat mendapatkan keberuntungan yang berlimpah dalam hidup ini.

Faktor Eksternal Feng Shui Rumah membawa Hoki

Faktor dari luar rumah dan lingkungan adalah faktor utama di dalam semua pelajaran Feng Shui.

Bila lingkungan tidak mendukung, maka bagaimanapun juga, formula yang kita terapkan tidak dapat membuahkan hasil yang baik dibandingkan dengan lingkungan rumah yang mendukung.

Dengan demikian, faktor eksternal menjadi sangat penting dalam menilai kekuatan Chi yang didapatkan oleh sebuah properti di dalam Feng Shui.

Faktor eksternal Feng Shui Rumah dapat mempengaruhi sampai sebanyak 70% dalam tata cara membuat area menjadi positif, sehingga ini menjadi sangat penting bagi para praktisi Feng Shui yang mendalami Feng Shui San He atau Feng Shui bentuk lahan.

Pegunungan atau Jalur Naga

Pegunungan adalah faktor eksternal pertama yang dilihat dalam Feng Shui Rumah.

Pegunungan dibentuk oleh tarikan magnet bumi dengan kaitannya dengan konstelasi bintang di langit dalam studi Metafisika Cina.

Jadi fitur Pegunungan dapat menghasilkan Chi di daerah tersebut dan sering disebut dalam bahasa kuno

teks Feng Shui sebagai Jalur Naga.

Berlawanan dengan kesalahpahaman yang populer, Pegunungan adalah sumber energi Yin dan bukan energi Yang.

Banyak orang salah berasumsi.

Gunung dianggap sebagai energi Yin karena mereka tidak bergerak.

Tenang dan damai, diam ditempat dan kokoh, keheningan ini mewakili energi Yin.

Dimana Gunung terletak dalam kaitannya dengan properti Anda sangat penting untuk menentukan kualitas Chi di daerah rumah Anda.

Sedangkan yang disebut sebagai Jalur Naga adalah pegunungan yang berderet yang membentuk tanah yang luar biasa penuh dengan energi Chi.

Tentu saja tidak semua Pegunungan atau Jalur Naga akan membawa pengaruh positif terhadap area lingkungan hidup Anda, sering kali gunung yang kering, tanah yang buruk dan penuh batu akan membawa energi yang tidak baik.

Bilapun tidak ada fitur Pegunungan atau Jalur Naga yang mendukung, maka kita dapat menciptakan Gunung Virtual di lokasi arah rumah yang cocok.

Apa bentuk Gunung Virtual? Pada dasarnya gunung adalah lambang dari tanah bumi yang tidak bergerak, jadi aksesoris batu yang sangat besar, altar sembayang, tetumpukan batu yang tinggi, pot keramik tanah liat juga dapat membantu sebagai Gunung Virtual.

Harus diingat bahwa energi yang diciptakan oleh Gunung Virtual tidak akan sebanding dengan fitur Pegunungan dan Jalur Naga yang benar.

Perairan

Sering disebut di dalam buku-buku klasik kuno, "Air adalah darah Naga".

Gunung adalah sumber energi Yin, Air adalah sumber energi Yang.

Perbatasan perairan dapat mengumpulkan Chi di area tersebut.

Oleh karena itu daerah dengan penempatan dan formasi Air yang baik dapat mendorong konvergensi dan koleksi Chi yang baik.

Ketika memperhatikan fitur Perairan, kita lebih tertarik dalam jenis dan lokasi Perairan tersebut.

Seperti fitur Pegunungan, tidak semua Perairan akan menjadi pengaruh positif di daerah yang dilewatinya.

Bahkan ada kalanya air yang keruh dan buruk membawa energi negatif kepada penghuni yang dilewatinya.

Diantara Gunung dan Air, aliran energi Yin ke arah Yang adalah titik yang disebut sebagai Titik Naga dimana Chi yang positif mengalir.

Bilapun tidak terdapat fitur Perairan yang mendukung di daerah rumah Anda, kita dapat melihat kepada fitur Air Virtual.

Apa bentuk Air Virtual? Air adalah aliran aktivitas, maka bentuk Air Virtual yang paling sering kita temui adalah jalan.

Harus diingat bahwa energi yang diciptakan oleh Air Virtual tidak akan sebanding dengan fitur Perairan yang sesungguhnya.

Arah Baik untuk Eksternal Feng Shui Rumah

Berdasarkan teknik Feng Shui macro yang disebut sebagai Arah Roh Langsung dan Arah Roh Tidak Langsung (Direct Spirit and Indirect Spirit), ada arah – arah mata angin dimana pegunungan dan perairan harus berada, dimana mereka akan membawa energi yang lebih bagus lagi, dimana waktu yang tepat membawa energi yang luar biasa bagi arah – arah angin tersebut, jika lokasi pegunungan dan perairan sesuai dengan arah angin ini.

Untuk Periode 8 (2004 – 2023) dan Periode 9 (2024 – 2043), lokasi arah angin untuk Pegunungan dan Perairan yang sesuai adalah sebagai berikut:

Arah AnginOrigin Gua #Direct Indirect Spirit
N1Fitur Perairan
NE8Fitur Pegunungan
E3Fitur Perairan
SE4Fitur Perairan
S9Fitur Pegunungan
SW6Fitur Pegunungan
W7Fitur Pegunungan
NW2Fitur Perairan
feng-shui-rumah-roh-langsung-tidak-langsung
Arah Roh Langsung dan Tidak Langsung

Faktor Internal Feng Shui Rumah supaya Banyak Rejeki

Kita sudah membahas area – area Feng Shui yang terbaik dalam fitur internal rumah Anda di artikel Feng Shui 101 ini, akan tetapi, kita belum membahas faktor – faktor diluar 5 area utama di dalam rumah dimana energi positif akan dapat membawa perasaan dan pemikiran Anda ke sisi yang lebih positif menggunakan benda – benda dan gambar yang berharga untuk Anda.

Pada dasarnya, Feng Shui Rumah mengatakan bahwa yang kita inginkan adalah memfokuskan perubahan interior rumah di area – area yang paling sering digunakan oleh kita, terutama ruang kerja, ruang belajar, pintu masuk, kamar tidur, dan dapur (jika Anda sering masak dirumah), ataupun balkon (lebih penting untuk apartemen).

Di semua area ini, kita menginginkan energi Chi yang mengalir bebas tanpa terhenti atau terblokir oleh tiang atau pillar atau penutup ruang yang ada.

Ada baiknya lokasi ruang juga berbentuk netral, terutama bagian atap tidak terbentang pilar – pilar balok penyangga rumah ataupun dekorasi yang tajam.

Berikut ini beberapa faktor yang dapat menjadi pertimbangan untuk membuat area rumah Anda terasa semakin nyaman.

Ciptakan Ruangan Feng Shui Rumah yang Positif

Untuk memulai, Anda harus menciptakan ruang yang energik.

Ini berarti menciptakan ruangan yang terasa tenang dan damai.

Anda harus menghindari penggunaan warna-warna cerah, suara keras, dan benda berat.

Sebaliknya, pilih nada netral dan pencahayaan lembut.

Jika memungkinkan, letakkan tanaman di dalam ruangan.

Tumbuhan adalah salah satu elemen yang penting di dalam Feng Shui Rumah, yaitu simbol dari elemen kayu, dimana mereka dapat menyerap energi negatif dan memancarkan energi positif.

Tidak semua tumbuhan akan berfungsi seperti ini, jadi kita harus memilih tumbuhan yang baik.

Sebagai contoh, jangan pakai kaktus sebagai tumbuhan yang Anda taruh didalam rumah Anda.

Posisikan kamar tidur, ruang kerja, dapur dan kompor di kamar – kamar yang memiliki energi positif dan tidak terhambat oleh tiang, pilar, ataupun suasana atau bau yang tidak enak.

Bila rumah Anda terasa nyaman dan tentram, maka Feng Shui rumah tersebut biasanya sudah baik.

Posisi Dapur yang Baik untuk Feng Shui Rumah

Dapur termasuk area yang penting dalam penelitian Feng Shui Rumah, terutama bila keluarga Anda sering masak menggunakan kompor di area ini.

Pada dasarnya, area dapur ini termasuk area yang dapat menghancurkan energi negatif, sehingga ada baiknya lokasi dapur ditaruh pada area yang kurang baik, hanya saja arah menghadapnya api kompor dihadapkan kearah yang baik untuk rumah Anda.

Bagaimana cara tahu arah yang baik dan tidak baik dari rumah Anda? Silahkan baca mengenai Feng Shui 8 Mansions disini.

Kalau bisa, rekomendasi saya adalah menaruh dapur dan kompor di area Five Ghosts (Wu Gui) atau Spiritual dari rumah Anda berdasarkan Feng Shui 8 Mansions, karena ini akan meningkatkan energi spiritual yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup.

Atau Anda juga dapat menaruh dapur dan kompor di area Life Threatening (Jue Ming) dari rumah Anda berdasarkan Feng Shui 8 Mansions, ini akan membuat energi negatif area itu teredam oleh nyalanya api dari kompor Anda.

Rekomendasi yang juga sering harus diperhatikan adalah posisi kompor dan wastafel yang tidak baik apabila mereka saling bersebelahan atau saling berlawanan.

Feng Shui Rumah tidak suka elemen yang bertentangan langsung bertemu tanpa adanya elemen lain, maka bila memang ini terjadi, cobalah letakkan tanaman diantara kompor dan wastafel.

Posisi kompor yang terletak di pulau dapur juga tidak baik dikarenakan kita lebih menyukai posisi kompor yang stabil yang berada di depan dinding yang kokoh.

feng-shui-rumah-kompor-buruk
Posisi Kompor Bertentangan dengan Wastafel (Photo by Aaron Huber)

Jangan pernah menaruh dapur dan kompor di area central rumah Anda karena area tengah rumah adalah jantung dari rumah Anda yang memberikan stabilisasi dari kehidupan Anda.

Menyalakan api secara lama di area tengah rumah akan berdampak negatif terhadap seluruh penghuni rumah tersebut.

Jangan meletakkan kompor Anda dibawah langit – langit berbalok, dan jangan pernah menaruh kompor Anda langsung di depan pintu.

Posisi Kamar Mandi yang Baik untuk Feng Shui Rumah

Kamar mandi adalah lokasi yang terkadang dipertanyakan dalam konsultasi Feng Shui rumah atau perkantoran, tetapi boleh dibilang kamar mandi adalah tempat yang jarang dipakai dalam jangka waktu lama, sehingga tidak sepenting lokasi – lokasi lainnya.

Kepercayaan orang kuno menganggap bahwa kamar mandi dan toilet adalah tempat berkumpulnya chi negatif karena dengan nge-flush air toilet kita dianggap membuang energi harta kekayaan, ini tidak benar.

Kita hidup di jaman berbeda dimana toilet itu sangat bersih dan higienis, sehingga selama toilet itu sering dibersihkan, tidak kotor, tidak berantakan, maka tentu saja tidak ada energi negatif yang berkumpul didalamnya.

Kamar Mandi Modern (Photo by Backbone Visuals)

Tetapi, memang ada beberapa lokasi yang tidak dianjurkan sebagai tempat menaruh toilet, salah satunya adalah toilet diatas pintu masuk rumah.

Menurut Feng Shui Rumah, toilet yang berada tepat di kotak pintu masuk rumah dapat menyebabkan chi air yang terlalu berlebih dan bisa berdampak negatif terhadap penghuni rumah.

Toilet yang berada diatas kompor juga dapat menyebabkan chi air dan api berperang dan membuat suasana menjadi tidak nyaman, tetapi ini hanya terjadi bila jarak antara lantai dapur dan langit dapur itu dibawah 4,5 meter.

Satu lagi adalah toilet yang berada tepat diatas ranjang, ini juga bisa membuat perasaan tidak nyaman, terutama bila tinggi kamar dibawah 3,6 meter, tetapi sangat mudah untuk memindahkan ranjang ke tempat lain untuk menghindari kejadian ini.

Pintu kamar yang menghadap langsung ke pintu toilet juga tidak disarankan, ada baiknya diberi penghalang diantara kedua pintu tersebut.

Yang terakhir, coba jangan membuat toilet yang dibuat langsung didepan tangga turun atau tangga naik, ini akan menghambat aliran chi di rumah Anda sehingga chi tersebut mandek di daerah yang jarang dipakai.

Gambar dan Lukisan Hoki untuk Feng Shui Rumah

Sering kali pertanyaan mengenai lukisan atau gambar yang perlu dipasang sesuai Feng Shui ditanyakan.

Gambar dan lukisan yang cocok akan membuat suasana interior menjadi berlimpah dengan energi yang baik.

Ini adalah salah satu cara yang mudah untuk merubah suasana dalam rumah dan menyesuaikan kondisi emosional seseorang ketika melihat lukisan tersebut.

Maka dari itu adalah sangat penting untuk menempatkan lukisan yang cocok di ruangan yang cocok untuk membawa keberuntungan yang lebih.

Gambar yang Membawa Suasana Nyaman (Photo by British Library)

Gambar keberuntungan tidak hanya dapat menghidupkan rumah dengan dekorasi bergaya, tetapi juga dapat berfungsi ganda dalam mengelola energi untuk feng shui rumah.

Suka atau tidak suka, lukisan memainkan peran didalam Feng Shui Rumah dengan berbagai cara.

Tingkatkan energi Chi positif yang rumah Anda terima dari kosmos.

Melemahkan energi Chi negatif yang dikarenakan oleh sumber – sumber Sha Chi.

Membuat pemikiran Anda sesuai dengan kondisi yang Anda inginkan, seperti fokus di ruang belajar dan ruang kerja, relax dan santai di kamar tidur, bahagia dan sehat di ruang makan, dan lain sebagainya.

Baik diketahui bahwa lukisan dapat membawa hoki bukan karena merubah aliran energi eksternal, tapi lebih sering membawa aliran energi internal Anda menjadi lebih sesuai dengan aktivitas yang Anda akan kerjakan. 

Oleh dari itu, dari pemilihan lukisan dan gambar yang bermakna, ada baiknya untuk mengatur dan memilih dengan cara mempertimbangkan subjek, warna, lokasi, dan orientasi.

Desain dan Warna Pintu Utama untuk Feng Shui Rumah

Pintu masuk utama ke rumah Anda adalah tempat awal mula energi chi semesta masuk kedalam rumah Anda, ini menjadikannya area yang paling penting dalam mengukur Feng Shui rumah tersebut.

Secara garis besar, kita ingin pintu masuk rumah tidak terhambat oleh apapun ketika melihat kedalam ataupun melihat keluar dari posisi pintu itu.

Dipastikan bahwa tidak ada tiang telepon, tiang listrik, tiang lampu, pohon besar atau pilar apapun di depan pintu utama rumah Anda, karena ini dapat memblokir energi chi sehingga tidak dapat masuk ke dalam rumah dengan baik. 

Disarankan desain pintu tidak terlalu berlebih dan jangan menaruh pintu dibawah balok – balok ataupun area yang gelap sehingga pintu masuk kurang terlihat, karena kita ingin chi dapat masuk dengan leluasa kedalam rumah.

Warna dari pintu masuk hanya memiliki sedikit efek terhadap energi chi yang mempengaruhi rumah tersebut, tetapi ada baiknya mewarnai pintu depan Anda sesuai dengan tujuan dan hasil yang Anda inginkan.

Pintu Utama Merah dapat membawa energi yang baik untuk rumah – rumah terutama yang menghadap Selatan, terutama bila Anda ingin menjadi terkenal, terlihat, dicari oleh orang lain.

Di Feng Shui Rumah, warna merah dan elemen api membawa kehangatan, gairah, dan inspirasi.

Pintu Utama Coklat dapat membawa energi tanah terhadap rumah – rumah terutama yang menghadap Timur Laut ataupun Barat Daya, dan ini berarti adanya keseimbangan dalam hidup, memupuk koneksi Anda dengan keluarga dan alam.

Pintu Utama Biru dapat membawa energi air terhadap rumah – rumah terutama yang menghadap Utara terutama bila Anda ingin mencari ilmu tinggi, menekuni bidang baru, ataupun belajar ke jenjang selanjutnya.

Pintu Utama Hijau dapat membawa energi kayu terhadap rumah – rumah terutama yang menghadap Timur ataupun Tenggara; energi kayu melambangkan kekuatan untuk berkembang dan membesarkan kehidupan Anda.

Pintu Utama Putih melambangkan energi metal terhadap rumah – rumah terutama yang menghadap Barat dan Barat Laut; energi metal membawa kekuatan komunikasi, ketekunan, dan kebahagiaan.

Tanaman Pembawa Rejeki menurut Feng Shui Rumah

Bila kita mengikuti pelajaran 5 elemen, maka selalu ada cara untuk meredupkan energi negatif yang ada di sekitar kita, salah satunya adalah menggunakan elemen yang tepat untuk melemahkan energi negatif tersebut.

Tanaman adalah sarana mudah untuk membawa elemen kayu didalam rumah dan dapat berfungsi sebagai pelarut ataupun pengalih dan pemblokir energi chi.

Jenis – jenis tanaman tentu saja penting untuk penghuni rumah, dikarenakan tanaman juga dapat merubah perasaan penghuni rumah.

Secara umum, semua jenis tanaman yang memiliki duri dipandang secara negatif dalam Feng Shui Rumah.

Hal yang sama dapat dikatakan tentang tanaman yang mengambil bentuk runcing.

Dibawah ini adalah 3 contoh tanaman yang disebut membawa hoki dan rejeki untuk Feng Shui rumah Anda.

1. Bambu Rejeki

Bambu rejeki memiliki perawatan yang rendah dan sangat mudah perawatannya.

Mereka dapat tumbuh di air atau tanah, dan menyukai area yang terkena sinar yang cukup tapi tidak berlebih.

Jauhkan dari sinar matahari langsung untuk menghindari daun terbakar.

Siram secara teratur jika Anda menanamnya di tanah, dan sering-seringlah mengganti air jika Anda menanamnya di air.

feng-shui-rumah-bambu-rejeki
Bambu Rejeki (Lucky Bamboo)

2. Tanaman Giok

Tujuan utama memelihara tanaman ini di rumah adalah untuk mengantarkan keberuntungan.

Anda mungkin pernah melihat batu giok pot di pintu masuk restoran Cina.

Dengan logika yang sama, kita dapat menempatkan tanaman giok sedekat mungkin dengan pintu masuk rumah kita.

Seperti tanaman lain, pastikan tanaman giok yang Anda pilih adalah yang sehat, berdahan kuat, rindang, daunnya berwarna giok.

Tanaman Giok (Jade Plant)

3. Tanaman Sage (Sage Plant)

Bunga dan daun tanaman sage dapat dimakan maupun dijadikan campuran dalam berbagai masakan juga pengobatan tradisional.

Tak hanya digunakan sebagai penambah cita rasa masakan, sage juga dikenal memiliki sejarah panjang sebagai obat untuk penyakit gangguan mental hingga masalah pencernaan.

Sage juga dikenal untuk menangkal energi negatif dan memiliki kualitas pembersihan.

Menurut Feng Shui Rumah, tanaman sage membantu menghilangkan energi negatif di rumah dan juga memiliki sifat obat dan aroma yang kuat.

Tanaman Sage (Sage Plant)

Pantangan Feng Shui Rumah

Dalam membangun rumah mengikuti anjuran Feng Shui Rumah, kebanyakan peraturan dan pantangan itu terlihat dari sudut tajam yang dapat dilihat dari sisi pintu (semua pintu tidak hanya pintu utama).

Karena pintu adalah jalan masuknya chi, maka ada baiknya pintu itu cukup lebar dan tinggi sehingga penghuni rumah dapat memasuki pintu dengan nyaman.

Semua sudut tajam dan pilar yang terlihat sejajar dengan pintu akan membawa energi yang kurang baik kedalam rumah.

pantangan-feng-shui-rumah
Pantangan Feng Shui Internal Rumah (Photo by Markus Spiske)

Kemudian area tengah rumah ada baiknya dijadikan area kosong dan bukan ruangan tertutup, dapur, ataupun tangga atau wc.

Ini dikarenakan dalam pengajaran Feng Shui, aliran chi sangat senang dengan area hal terang dan terbuka, dimana energi dapat mengalir dan berputar dari tengah ruangan ke semua penjuru rumah tersebut.

Semua kamar terutama yang sering dipakai dan ditinggali lebih dari 4 jam per harinya selayaknya bersih, rapih, membawa kebahagian, dan tidak memiliki bau tidak sedap.

Secara psikologi, bau tidak sedap membuat orang tidak nyaman di area tersebut, mana mungkin bis kita pakai ruangan yang jorok dan kotor sebagai tempat tidur atau tempat bekerja; bersihkanlah dahulu dan alirkan energi yang baik ke ruangan yang akan dipakai lama.

Mudah bukan mengikuti saran Feng Shui Rumah kami?

Don`t copy text!
id_IDIndonesian
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram